Mengenal PHP

PHP adalah kependekan dari kata Hypertext Preproccesor. PHP termasuk pada perangkatt lunak open source yang di atur dalam general purpose licences(GPL)

PHP merupakan bahasa pemrograman yang banyak di kembangkan di dalam lingkungan pembuatan website karena sangat cocok di gunakan, script PHP bisa di tempatkan pada script HTML begitupun sebaliknya script HTML bisa di letakan pada script PHP. PHP merupakan bahasa pemrograman yang di khususkan untuk pembuatan web-web dinamis yaitu web-web yang kontenya selalu update dan berubah-ubah sesuai dengan pola yang di berikan dan dengan adanya pemrograman PHP dapat memungkinkan interaksi antara client dengan website sehingga menjadikan web lebih atraktif dan interaktif, pada umumnya pembuatan web-web dinamis itu juga bergantung pada database yang merupakan sumber data yang akan di tampilkan.
PHP juga tergolong bahasa pemrograman berbasis server maksudnya script PHP diletakan di server dan di terjemahkan oleh web browser terlebih dahulu kemudian hasil terjemahan itu dikirim ke browser client. Bahasa pemrograman PHP memiliki kesamaan dengan bahasa ASP (Active Server Page ), Cold Fusion , JSP (Java server Page), ataupun Perl. Berikut merupakan skema PHP sampai di terjemahkan oleh Browser :


PHP tidak akan bisa bekerja dan dapat di gunakan secara mandiri di komputer- komputer client, di perlukan beberapa software tambahan yang harus di install. ada beberapa perngkat lunak pendukung yang harus di install anara lain:
  • Apache Server 
  • PHP
  • MySQL
  • PHPMyadmin
tapi ada juga software-software yan sudah menyediakan fungsi-fungsi di atas sekaligus sehingga kita hanya menginstal satu software saja. Berikut adalah software-softwarenya :

XAMPP


XAMPP merupakan perangkat lunak yang bebas dan beberapa sistem operasi dan merupakan kompilasi dari beberapa program.
Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP ServerMySQLdatabase, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), ApacheMySQLPHP dan PerlProgram ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

WAMP

Istilah WAMP adalah singkatan dari Windows, Apache, MySql dan Php. Serupa dengan LAMP dan XAMP yang ada di linux. Dengan diinstalnya WampServer maka kita dapat menginstall CMS yang berbasis php dan mysql dalam komputer tanpa koneksi internet, baik itu Drupal atau Joomla. Kita dapat mengunduhnya di website resminya.

Penulis : Riza Agustian ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mengenal PHP ini dipublish oleh Riza Agustian pada hari Minggu, 24 Juni 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Mengenal PHP
 

0 komentar:

Posting Komentar